Ditundanya lulusan STAN, apakah berbanding terbalik dengan kinerjanya?

25 Feb

Kinerja suatu organisasi dinilai baik jika organisasi yang bersangkutan mampu melaksanakan tugas-tugas dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada standar yang tinggi dengan biaya yang rendah. Kinerja yang baik bagi suatu organisasi dicapai ketika administrasi dan penyediaan jasa oleh organisasi yang bersangkutan dilakukan pada tingkat yang ekonomis, efisien dan efektif. Konsep ekonomi, efisiensi dan efektivitas saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat diartikan secara terpisah. Konsep ekonomi memastikan bahwa biaya input yang digunakan dalam operasional organisasi dapat diminimalkan. Konsep efisien memastikan bahwa output yang maksimal dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia. Sedangkan konsep efektif berarti bahwa jasa yang disediakan/dihasilkan oleh organisasi dapat melayani kebutuhan pengguna jasa dnegan tepat.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan salah satu penyuplai tenaga ahli untuk kementrian keuangan Republik Indonesia. STAN menggembleng mahasiswanya untuk menjadi tenaga ahli yang berkualitas untuk kelak menjadi pegawai negeri sipil yang  bekerja dibawah Kementrian keuangan. Lulusan STAN wajib menjadi Pegawai Negeri Sipil yang kemudian akan ditempatkan di beberapa instansi dibawah naungan kementrian keuangan. Mengapa lulusan STAN harus bekerja sebagai pegawai negeri dan langsung diikat oleh kementrian keuangan? Karena STAN sendiri berada dibawah naungan kementrian keuangan dan dibiayai oleh APBN Indonesia.

Sudah bertahun-tahun lamanya, lulusan STAN menjadi pegawai negeri sipil di lingkungan kementrian keuangan. Kinerja lulusan STAN pun diakui baik meskipun tidak ada catatan resmi mengenai kinerja lulusan STAN, namun nama baik STAN memang diakui oleh banyak orang. Tidak hanya di lingkungan kementrian keuangan, di sektor swasta pun kinerja  alumnus STAN diakui baik. Memang tidak semua alumnus STAN menjadi pegawai negeri sipil, tidak sedikit dari mereka yang keluar dari ikatan pegawai negeri dengan membayar sejumlah denda dan bekerja di sektor swasta. Alumnus-alumnus tersebut menyatakan bahwa mereka diterima dengan baik di sektor swasta karena nama almamater yang cukup terkenal dengan kinerja yang baik.

Beberapa tahun belakangan ini, (2011 dan 2012), STAN tidak membuka penerimaan mahasiswa baru. Ini dilakukan atas kebijakan kementrian keuangan yang sedang menjabat dengan berbagai pertimbangan. STAN terakhir menerima penerimaan mahasiswa baru tahun 2010, yang akan lulus tahun 2013 ini. Apakah ini mengganggu kinerja lulusan STAN? Alumnus STAN yang  lulus tahun 2011 dan 2012 kemarin yang magang di sektor swasta –mereka belum menerima Surat Keputusan pengangkatan cpns dari kementrian keuangan- mer eka diterima dengan baik, dan atasan mereka pun mengakui bahwa kinerja mereka bagus.

Tidak diterimanya mahasiswa baru sejak tahun 2011, tidak berarti membuat lulusan STAN mengalami kemunduran kinerja. Karena di kampus STAN sendiri, mereka digembleng dengan nilai-nilai dan keahlian yang diperlukan di kementrian keuangan. Mereka memang disiapkan untuk bekerja di lingkungan kementrian keuangan. Sehingga hampir dapat dipastikan bahwa kinerja mereka tidak terpengaruh oleh  tidak dibukanya penerimaan mahasiswa baru STAN. Lulusan STAN yang tersisa  akan tetap bekerja di lingkungan kementrian keuangan sesuai dengan nilai-nilai dan keahlian yang mereka pelajari selama masa studi di kamus STAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: